Phane G-Ngaco

Selasa, 21 Juni 2011

Endapan Ekonomis

1900 juta tahun lampau.Tubuh Utama atau badan terjadi di area terbatas sekitar Kiruna dan gallivare. Cadangan total diperkirakan hingga 3.4x109 tahun. Endapannya besar dan memiliki kadar besi rata-rata 52%. Endapan dari Kiruna membentuk konsentrasi terbesar bijih di swedia. Total area dialasi oleh bijih hampir 700.000 m2 Endapan geologi telah dijelaskan oleh Geijer dan Odman (1974). Bijih yang berbeda-beda diinterpretasikan sebagai intrusi dari magma, a view championed oleh Frietsch (1978) atau gunung berapi-sedimen exhalative (Park, 1975).

Bijih ini adalah dari magnetit primer mengandung jumlah variabel apatit. Dalam beberapa Endapan, magnetit yang telah teroksidasi adalah hematit. Pada Endapan kirunavarara, oksidasi berkaitan dengan pelapukan dangkal, tetapi di endapan lain dihasilkan oleh: aktivitas hidrotermal, terkait dengan perubahan dinding-rock.

Isi phospourus dari bijih besi bervariasi btween 0,1% dan 5,5%. apatit pada umumnya berisi fluride 2.5-3.5% atau klorida dan biasanya merata menyebarkan pemikiran bijih, tapi kadang-kadang dapat terjadi terkonsentrasi di band. Bijih apatit-bantalan terjadi keratophyre porfiri whitin, sebagian sebagai lembar luas dan sebagian sebagai vein yang tidak teratur dalam batuan (bijih breksi disebut). Dalam Endapan kiirunavaara, ada dykes dari phorphyry yang comagmatic dengan batuan dasar. Beberapa dyke pra-date dan lain-lain pasca-tanggal bijih magnetit, jelas menunjukkan bahwa bijih magnetite, jelas mengindikasikan bahwa bijih magnetit adalah sejenis dengan asam-untuk vulkanisme menengah yang mendominasi wilayah tersebut. Batuan tertua di daerah thre greenstones terutama berasal dari basal dan andesit, terkait dengan produk asam batuan vulkanik, tufa, scists grafit, karbonat dan jaspilites, terkait dengan mineralisasi tembaga. The Greenstone (> 1950 Ma Lama) yang ditindih oleh colongmerates sampai dengan 600 m tebal, diikuti b keratophyre 1200 m tebal. ini pada gilirannya selaras ditindih oleh keratophyre kuarsa, Bagian vulkanik yang sering ditunjukkan: ini berhubungan dengan lapisan iner dari aglomerate dan colongmerate. Batu Turunkan atasnya Hauki adalah sedimen dan batuan vulkanik, ditindih pada gilirannya oleh phylites dan batupasir dengan cakrawala colongmerate. Pemogokan daerah timur laut dan dips suksesi menuju southeasth di sudut antara 300 dan 900 (gambar 10.3).

Tubuh bijih besar terjadi dalam dua cakrawala utama. Kiirunawaara raksasa dan mayat lussavaara kecil bijih baik menempati ketidakselarasan antara keratophyre dan keratophyre kuarsa (gambar 10.3);. mereka terutama terdiri dari magnetit dengan isi kecil apatit dan aktinolit. Endapan bijih Utamanya keratophyre ignimbrit kiiruvaara dan luossavaara mengandung fragmen bijih yang berlimpah, menyusun hingga 50% dari batuan hangingwall; fragmen sebagian besar sudut. Pada lussavaara, dinding tergantung dari bijih utama juga mengandung konglomerat, yang berbatu bijih magnetit murni, diameter beberapa decimetres, ditemukan dalam konglomerat apolymict.

kontak stratigrafi antara keratophyre kuarsa tinggi dan Hauki rendah Kompleks berisi sekelompok badan yang disebut per bijih Geijer. Sesar sering seprate dan memotong badan bijih.

Tubuh bijih kiirunavaara raksasa terdapat kontak jelas dengan atasnya dan mendasari kerathophyres, tetapi footwalls sering mengandung fragmen kerathophyres, umumnya terbreksikan dan transeksi oleh dyke dan veinlet bijih. Bijih breksi adalah umum pada kontak antara kerathophyres dan dyke porfiri, badan bijih adalah sekitar 4000m panjang dan lebarnya bervariasi dari 20m sampai 200m. Bijih ini dikenal untuk Continoue adalah kedalaman setidaknya 1500m, melainkan berbutir halus. magnetit dominan, tetapi semacam mineral terjadi secara lokal, dan beberapa tubuh semacam mineral mungkin benar-benar tertutup oleh magnetit. Fluorapatite adalah gangue utama, tapi aktinolit, kalsit, diopsit dan biotit terjadi dalam jumlah kecil; sulfida jarang. ada kontak yang tajam tetapi tidak teratur antara apatit - kaya dan apatit - zona bijih miskin. kandungan fosfor umumnya meningkat dengan produk mendalam.

The per Bijih geijer telah efektif oleh metamorfosis. Silisifikasi, sericitization dan chloritization telah terjadi di wallrocks dan bijih martitized.

Kontroversi antara penulis yang menganggap bijih gunung berapi - exhalative sedimen (misalnya, Park, 1975) dan yang tradisional regrad mereka sebagai magmatik intrusif (misalnya, Frietch, 1978) bergantung pada sifat dari bijih breksi. Kejadian pembentukan urat bijih dan dyke menarik host rocks jelas menunjukkan bersifat intrusif. Kontak antara batuan induk bijih selalu jelas, terlepas dari apakah itu terjadi sebagai badan bijih besar atau sebagai vena kecil. Dalam banyak kasus tidak teratur ada fragmen batuan induk terlampir dalam bijih. Breksi Ore, di mana bijih terjadi di urat dan gili anastomosing di berbagai arah dan sering membentuk jaringan, adalah tipikal dari bijih Kiruna. Di beberapa daerah, batuan dinding rusak oleh bijih menjadi potongan-potongan sudut bersama bidangnya, menunjukkan bahwa bijih itu disuntikkan focibly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger