Phane G-Ngaco

Senin, 15 November 2010

Kerusakan Waduk Penjalin

Kerusakan Waduk Penjalin .ppt


Dua waduk dan tujuh bendungan di pantura (pantai utara) semakin kritis. Rata-rata ketersediaan air di tujuh bendung tersebut hanya mencukupi 36 persen hingga 88 persen kebutuhan air dari areal yang dialirinya. Agar ketersediaan air mencukupi, pengeluaran air harus dihemat. kondisi Waduk Cacaban di Kabupaten Tegal dan Waduk Malahayu di Kabupaten Brebes semakin kritis. Elevasi dan volume air di kedua waduk tersebut semakin menyusut. Kedua Waduk tersebut mengairi lahan di wilayah Brebes, seluas 12.486 hektar.
Selain dua waduk tersebut, Waduk Penjalin yang ada di Brebes juga mulai dibuka. Waduk Penjalin dibuka apabila ketersediaan air di bendung Notog (bendung di bawahnya) sudah tidak memadai. Selain itu, dibukanya Waduk Penjalin karena adanya proyek pembangunaan beton di tengah bendungan. Agar ketersediaan air masih mencukupi untuk pengairan, saat ini pengeluaran air mulai dihemat. Petani juga mulai menggunakan sistem gilir. Prioritas diberikan kepada petani yang mengikuti pola tanam, serta lahannya sudah benar-benar kering.

Tingkat Sedimentasi
Elevasi di Waduk Penjalin, 339,46 meter dpl dengan volume 7.735.000 meter kubik. Menurut Dasirun, pihaknya pada Rabu (11/10) telah menerima permintaan dari Kabupaten Brebes untuk mengeluarkan air dari Waduk Penjalin untuk dialirkan ke Bendung Notog. Sebab, ketersediaan air di Bendung Notog sudah berkurang.

"Rata-rata pengeluaran air di Bendung Notog 6 meter kubik/detik. Tapi, kemarin tinggal 3,5 meter kubik/detik. Oleh karena itu, untuk mencukupi ketersediaan air, Pemkab Brebes minta agar Bendung Notog dapat dialiri dari Waduk Penjalin sebesar 2,5 meter kubik/detik," katanya.

Dijelaskannya, rencana pengaliran air akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap I pada 15 Juli hingga 31 Juli sebanyak 2,5 meter kubik/detik dan tahap II mulai 12 Agustus hingga 21 Agustus. Untuk tahap II ini, menurut Dasirun, air yang dikeluarkan hanya 2 meter kubik/detik. Pengurangan ini dilakukan untuk menghemat air.

"Pada Agustus akan banyak kegiatan seperti kemah dan acara tujuh belasan. Kalau dikeluarkan 2,5 meter kubik/detik, akan berpengaruh pada sumur warga sehingga warga akan kesulitan air," tegasnya.


Makalah Kerusakan Waduk Penjalin .pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger