Phane G-Ngaco

Senin, 29 November 2010

IDENTIFIKASI BATUAN BEKU

Download Tugas Petrologi

Lab 8: IDENTIFIKASI batuan beku 100 Poin


Pengantar

Batuan beku di agregat mineral yang mengkristal dari magma. Magma yang dihasilkan jauh di dalam atau di bawah kerak bumi dan biasanya bekerja jalan ke permukaan. Beberapa magma mencapai permukaan bumi di mana ia diekstrusi sebagai lahar memproduksi batuan beku vulkanik. magma lain mungkin memantapkan sebelum mencapai permukaan, menghasilkan batuan beku plutonik.

unsur kimia magma menentukan mineral yang akan dibentuk sebagai mendingin dan membeku. butiran mineral individu mungkin cukup besar untuk dapat diidentifikasi oleh mata telanjang atau mereka mungkin begitu kecil bahwa mereka dapat dibedakan hanya di bawah mikroskop. Tingkat pendinginan dari magma menentukan apakah butiran mineral nya akan mikroskopis atau terlihat (megascopic) atau kombinasi keduanya. Ukuran, bentuk, dan
hubungan timbal balik dari mineral dalam batuan beku ini disebut tekstur. Jenis mineral hadir dalam batuan beku menentukan komposisi.

Kedua sifat, tekstur dan komposisi, menyediakan sarana bagi identifikasi dan klasifikasi batuan beku.

Hanya ada delapan mineral silikat yang mencakup unsur utama batuan beku yang paling. Delapan mineral tidak mengkristal dari magma secara bersamaan. Setiap akan mulai mengkristal pada suhu yang berbeda. Urutan di mana mengkristal mineral dari magma dapat didekati dari Bowen's Reaction Series. Ini urutan mineral mengkristal dari magma ditunjukkan dalam tabel A, serta pada Gambar 1 sebagai diagram vs Suhu Komposisi.

Pada umumnya, mineral yang mengkristal pada suhu yang sama terjadi bersama-sama dalam batuan beku yang sama. Batuan terdiri dari mineral yang mengkristal pada temperatur tinggi relatif kaya akan magnesium dan besi dan disebut batuan beku mafik. Batuan terdiri dari mineral yang mengkristal kemudian pada suhu relatif rendah relatif kaya silika, natrium atau kalium dan silikat disebut felsic atau batuan beku. Antara dua ekstrim komposisi adalah batuan menengah.


Download Tugas Petrologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger