Phane G-Ngaco

Minggu, 28 Maret 2010

tEka-Tekine Bumi

Bumi yang kita tempati dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah. Sebuah rumah ada karena diawali dengan proses pembentukan . Lalu rumah itu akan musnah termakan usia. Demikian halnya dengan bumi. Para ahli dengan tekun melakukan pengamatan dan percobaan untuk mengungkapkan misteri. Pembentukan bumi. Usaha para ahli itu menghasilkan beberapa teori. Seperti dibawah ini:

1. Teori Nebula
Teori mengatakan bahwa anggota tata surya pada awalnya berbentuk massa gas yang bercahaya dan berputar perlahan_lahan.Massa ini semakin lama semakin tinggi.Akibatnya,bagian tengah itu menggelembung.Akhirnya,lingkaran materi itu terlempar keluar lingkaran ini mendingin,mengecil dan akhirnya menjadi planet.

2.Teori Planetesimal
Teori ini menyatakan bahwa suatu ketika sebuah bintang melintasi ruang angkasa dan berada dekat sekali dengan matahari.Karena daya tarik menarik matahari,masa gas itu tertahan dan bergerak mengelilingi matahari.Ketika massa gas menjadi angina,bentuknya menjadi cair kemudian memadat.Akhirnya menjadi planet,termasuk bumi.


3.Teori Pasang
Teori ini mengatakan bahwa planet terbentuk lqangsung oleh gas asli matahari yang tertarik sebuah bintang yang melintas didekatnya.Ketika bintang mendekat ,tarikan grafitasinya menyedot filament gas yang berbentuk cerutu pnjang.Dan akhirnya membentuk planet.

4.Teori Lyttleton
Teori ini mengatakan bahws matahari mulanya bintang kembar yang mengelilingi medan grafitasi. Sebuah bintang menabrak salah satu bintang kembar dan menghancurkannya, dan berubah menjadi massa gas yang berputar-putar. Karena terus berputar, gas ini dingin dan terbentulah planet.

5.Teori Awan Debu
Teori ini mengatakan bahwa tata surya semula merupakan awan yang terdiri atas debu dan gas kosmos yang berbentuk seperti piring. Ketidak teraturan menyebabkan perputaran dan berkumpul menjadi satu. Partikel awan debu yang keras saling berbenturan melekat dan menjadi planet. Dan gas yang ditengah awan berkembang menjadi matahari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger